Mengenal formula di Microsoft Office Word pada pembahasan kita kali ini merupakan penjelasan tentang operasi-operasi yang didukung dalam formula di Microsoft Word, khususnya yang berkenaan dengan data-data yang ditampilkan dalam bentuk tabel.
Pada kesempatan yang lalu kita sudah pernah memposting tentang menjumlahkan angka-angka data tabel. Nah. masih sejurus dengan postingan tersebut, pada postingan kita kali ini mencoba lebih detail lagi tentang formula yang disinggung di postingan terdahulu tersebut.
Pada Microsoft Word ada beberapa formula yang didukung, namun dalam pembahasan ini dibatasi hanya pada fungsi SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN. Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang mengenal formula untuk operasi pada kolom di Word 2007 kali ini.
Oya... kenapa cuma 4 operasi fungsi yang kita jabarkan? Alasannya karena keempat operasi fungsi itu saja yang sering digunakan dalam Microsoft Word. Operasi-operasi lain, adalah operasi fungsi logika, di samping saya sendiri belum dapat paham sehingga tidak dapat menggunakan secara benar di Microsoft word. Ok.. tanpa panjang kata lagi kita jabarkan 4 formula untuk operasi fungsi pada data tabel di word.
SUM
Sum adalah operasi penjumlahan. Pada data di kolom, yang dapat dijumlahkan adalah kolom ke atas (above), dan penjumlah mendatar (row) baik ke arah kiri (LEFT) dan ke arah kanan (RIGHT). Yang perlu diperhatikan adalah dalam penulisan angka-angka tersebut. Bila ribuan pemisah antara angka ribuan dengan ratusan itu dipisah dengan tanda koma (,) bukan titik (.)Perhatikan gambar di bawah ini!AVERAGE
Average, merupakan fungsi yang dipergunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kolom yang dikehendaki. Ini sangat membantu bila kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari suatu kolom atau sel dalam table di microsoft word. Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......