Cara Membuat Nomor Halaman [update Juli 2020]

    Membuat nomor halaman word, misalnya nomor halaman untuk makalah aatau skripsi ini merupakan tutorial Microsoft Office Word yang diperuntukkan bagi pemula dan atau mereka yang belum mampu membuat atau menambahkan nomor halaman di lembar kerja microsoft word.

    Membuat nomor halaman pada laporan-laporan training atau pada dokumen-dokumen penting yang menuntut dipergunakannya nomor halaman pada lembar-lembar kerja bersangkutan merupakan tujuan yang diharapkan pada tutorial microsoft word kali ini.

    Pengertian

    Lebih lanjut, berbicara tentang nomor halaman, bila dilihat daripenempatan halaman sebuah naskah atau makalah, baik itu karya tulis maupun skripsi dapat dibedakan menjadi beberapa model. Misalnya, nomor halaman pada bagian bawah lembar makalah dan nomor halaman berada di bagian atas lembar makalah atau skripsi. Dari dua model atau cara tersebut, dapat dicirikan lagi menjadi tiga berdasarkan alignment (atau perataan)nya, yaitu rata kanan (tepi kanan lembar kerja), rata tengah (pada bagian tengah dari wilayah nomor halaman)dan rata kiri (atau pada bagian kiri bidang nomor halaman).

    Gambar Ilustrasi Membuat Nomor Halaman

    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Gambar membuat halaman di word
    Membuat Nomor Halaman

    Langkah-langkah membuat Nomor Halaman

      Langkah-langkah cara membuat nomor halaman, adalah sebagai berikut.
    1. Klik Insert | Page Number
    2. Pilih posisi halaman Top of page atau Bottom of page (pilih salah satu). Top of page maksudnya halaman berada di bagian atas lembar kerja dan bottom of page sebaliknya, berada di bagian bagian lembar kerja
    3. Pilih model atau perataan "alignment" yang diinginkan (rata kiri, tengah, atau kanan)
    4. Klik kembali Insert | Page Number | Format page number. Pada kolom number format pilih format halaman yang diinginkan dengan mengklik tanda segitiga kecil. Ada format i, ii, iii .... atau format angka 1, 2, 3,..... atau format lain yang disediakan secara default.

    Setelah melakukan tiga langkah di atas, maka penomeran halaman yang muncul sesuai dengan pilihan yang ditentukan pada langkah akhir di atas. Sebagai panduan ikuti langkah-langkah yang diilustrasikan pada gambar di atas sesuai urutan nomornya. Bila dilakukan dengan benar maka nomor halaman akan sudah muncul di bagian bidang nomor halaman sebagaimana dibutuhkan.
    Berhasil.

    Membuat format nomor halaman berbeda?

    Terkadang kita membutuhkan sebuah format penomoran halaman tidak sesederhana seperti yang diuraikan di atas. Bagaimana kalau membuat nomor halamannya berbeda?

    Sebagian halaman menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii) dan sebagian lagi menggunakan angka latin (1, 2, 3,) dan seterusnya?

    Pembahasan itu dapat Anda simak di artikel cara membuat nomor halaman dengan angka romawi dan angka arab.

    Demikianlah cara membuat nomor halaman pada sebuah makalah atau skripsi secara sederhana ini.
    Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.
    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    2 komentar:

    1. Sangat membantu dan gampang untuk dipahami. Terima kasih sudah berbagi tutorialnya.
      Yuk mampir juga di website kampusku walisongo.ac.id

      BalasHapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......