Cara Benar Mencetak Dokumen (Print Dialog)

    Cara Mencetak dokumen atau print dokumen kali ini berbicara tentang cetak mencetak file, khsusnya di microsoft office word. Hal ini juga bisa juga diterapkan di Microsoft Exel bahwa di microsoft office pada umumnya.

    Artikel ini, menjelaskan perihal langkah-langkah yang dilakukan ketika mencetak atau ngeprint.

    Masih sering terjadi ketika hendak mencetak dokumen atau file khususnya di microsoft office word dan exel, hasil cetakkanya tidak seperti yang diharapkan. Misalnya, ada bagian dari dokumen yang terpotong, pemilihan kertas atau page setup yang kurang tepat, menentukan margin lembar kerja.

    Print preview sebagai feature di dalam microsoft office, sering sekali diabaikan. Kesalahan pada saat akan mencetak atau print dapat menjadi awal dari hasil cetakan yang tidak tepat. Untuk itulah tutorial ini dihadirkan dihadapan Anda.

    Berikut diuraikan langkah-langkah mencetak dokumen.

    Cara Benar Mencetak Dokumen (Print Dialog)
    Cara Benar Mencetak Dokumen (Print Dialog)
    1. Print Preview
    2. Bila dokumen ataupun file sudah siap dicetak, dan kita akan mencetaknya, tidak ada salahnya atau lebih baik, jika kita mengecek kembali atau melakukan Page Setup. Pada page setup ini dapat dicek ukuran kertas, kemudian margin lembar kerja serta orientasi kertasnya. Dan Bila itu memang sudah sesuai yang diharapkan, maka lakukan print preiview dengan mengKlik Home | Print |Print preview.
    3. Proses Mencetak
    4. Bila dokumen sudah benar-benar yakin akan dicetak, maka klik Home |Print , atau dapat menggunakan shortcut CTRL + P. Klik OK atau hentak Enter di keyboard setelah muncul Print Dialog seperti gambar di atas.

    Selesai, proses mencetak dokumen telah dilaksanakan. Namun, pernahkah Anda tahu apa saja arti dan fungsi dari Print dialog pada proses mencetak tersebut? Anda akan sangat terbantu bila dapat memahami print dialog ini dengan baik. Untuk itu, mari kita lanjutkan sedikit lagi pembahasan kita tentang Cara Benar Mencetak Dokumen ini.

    Beberapa bagian yang penting dan perlu dicermati dari print dialog ini adalah bagian-bagian yang di kotak merah dan terkotak hijau dari gambar print dialog di atas.

    • Keterangan Kotak Merah.
      • Page Range:
        • All : artinnya mencetak semua halaman dokumen/file
        • Current page : artinya mencetak hanya halaman yang aktif atau bagian halaman dimana kursor berada
        • Pages : artinya mencetak hanya halaman tertentu yang diinginkan. Caranya dengan memasukkan nomor halaman yang hendak dicetak , pisahkan dengan tanda koma (,) tanpa spasi. Misalnya 2,6,9,10 (tanpa spasi).
    • Keterangan kotak Hijau
      • Copies : artinya banyak lembar dari tiap-tiap halaman. Maksudnya adalah bila akan mencetak dokumen rangkap - misalnya bila hendak mencetak halaman 1 sebanyak 2 lembar-, maka pada kolom copies diisi angka sesuai dengan jumlah rangkap yang dikehendaki. Misalnya 2, maka setiap 1 halaman dokumen akan dicetak / print sebanyak 2 lembar, begitu seterusnya.

    Demikian Cara Mencetak file atau dokumen di microsoft office word. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......