Kalibrasi Warna Lewat Driver Monitor (VGA)

    Mencetak foto ataupun gambar berwarna terkadang tidak sesuai dengan apa yang tampil di monitor (layar kerja). Padahal warna di monitor sudah sebagaimana keinginan kita, misalnya color balance sudah diadjustment seakurat mungkin.

    Gambar Kalibrasi Monitor
    Gambar Kalibrasi Monitor sumber : www.unplash.com

    Dan, kita tidak puas dengan hasil cetaknya, khususnya yang mencetak sendiri gambar/foto tersebut. Mungkin saja, Warna kecenderungan kebiruan atau sian/cyan, kemerahan atau kekuning-kuningan.

    Apa penyebab hasil cetak tidak seperti tampak di monitor?

    Berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang mungkin sebagai penyebabnya. Salah satunya adalah ketidaksesuaian atau dalam bahasa software tidak Syncron/sync antara monitor dan printer. Nah... lebih lanjut hal inilah yang dibicarakan dalam artikel ini.

    Tampilan warna pada monitor, tidak sesuai atau tidak searas dengan warna pada mesin cetak atau printer diakibatkan karena tidak sinkronnya software penterjemah code warna antara kedua hardware tersebut. Dari berbagai pertimbangan, bahwa membuat kedua alat/ hardware ini menjadi sikron adalah cara yang paling penting untuk dilakukan dari berbagai cara yang mungkin dapat memberikan solusi masalah tersebut.

    Teknik mensinkronkan ini disebut Kalibrasi warna.

    Kalibrasi boleh dipahami sebagai cara atau teknik yang dilakukan baik melalui software maupun alat bantu hardware untuk menghasilkan keselarasan antara warna monitor dengan warna hasil cetak printer. Ini penting sekali untuk mendapatkan kualitas warna cetak yang mendekati naturalnya.

    Bagaimana cara melakukan kalibrasi?

    Saat melakukan syncronisasi atau kalibrasi warna antara monitor dan mesin cetak, maka kita perlu melakukan beberapa hal sebelum sampai kepada proses kalibrasi itu sendiri.

    1. Instal secara lengkap dan benar software printer yang dipakai. Perhatikan juga kompatibel atau tidaknya dengan OS yang dipergunakan.
    2. Instal pula driver monitor. Ketika membeli monitor, umumnya disertakan pula buku panduan termasuk keping CD driver. Instal drivernya sesuai petunjuk pada buku panduannya.

    Setelah kedua tindakan di atas selesai, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu melakukan kalibrasi.

    Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mencetak contoh warna asli.

    Yang dimaksud warna asli adalah warna yang belum mendapat perlakuan apa-apa terhadapnya baik dengan program olah gambar seperti photoshop atau software-software lain.

    Contoh warna ini dapat ditemukan dengan mengetikkan color code di browser google atau bisa dicari di situs ini.

    Download salah satu contoh warna tersebut kemudian cetak atau print dengan tanpa mengolah atau mengedit apapun terhadapnya, untuk mendapatkan warna asli sebagaimana dimaksud pada kalimat di atas tadi.

    Kemudian,-sebagai langkah kedua- bandingkan warna hasil cetak dengan tampilan yang dimonitor. Nah pada langkah inilah driver monitor yang diinstall tadi dapat membantu kita mensyncronkan kedua warna tersebut. Adapun langkah syncronisasi atau kalibrasinya secara sederhana dapat dilakukan sebagai berikut:

    1. Di Dekstop, Klik kanan mouse Anda, dan sorot klik Grafic option atau VGA Control Panel.
      Bila Anda menggunakan VGA card pada komputer Anda, maka akan muncul nama VGA diikuti dengan penjelasan control panel. Misalnya: nvidia control panel, ati control panel, dan lain sebagainya.
    2. Point ini menjadi langkah terpenting dari semua uraian dalam artikel ini. Pada langkah ini, diharapkan Anda tidak salah mencocokkan warna hasil cetak dengan tampilan di monitor. Semakin akurat Anda mampu menyeting warnanya maka semakin akurat pula warna hasil cetak printernya. Diharapkan Anda mempunyai cahaya yang cukup terang untuk menyelesaikan langkah ini. Hati-hatilah dan akuratlah menyetingnya.

    Setelah langkah point 2 dilalui maka masuklah ke menu Color Correction atau Adjust Color Setting, atau carilah menu yang mirip-mirip seperti itu, karena beda monitor atau VGA akan beda pula menu yang tampil.

    Sesuaikan dan temukan menu pengatur warna tersebut.
    Secara umum pengaturan warna tersebut terdiri dari beberapa penyetelan, seperti misalnya:

    • Color Setting, merupakan pengaturan warna dengan pendekatan feature: Hue, gamma, contras, bright, dan featur lain menyesuaikan dengan type monitor dan atau VGA
    • Color Channel, merupakan pemisahan warna berdasarkan RGB. Color Channel yang terdiri dari all, red, green, blue

    Dalam artikel ini, tidak disertakan angka-angka atau prosentase pengukuran dari feature itu. Hal ini untuk memberikan keleluasaan dan kebebasan bagi Anda untuk mengadjust sesuai kebutuhan.Memberi angka-angka di sini hanya akan mengacaukan setting warna secara keseluruhan.

    Perlu dicatat bahwa: keadaan terang/gelap ruangan tempat melakukan kalibrasi sangat berpengaruh terhadap akurasi hasil penyetingan. Tentu, keawasan dari mata sangat vital dalam melakukan kalibrasi sederhana ini.

    Lakukanlah beberapa kali percobaan dan pengulangan untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal.

    Demikian diuraikan penyebab warna cetak foto yang tidak sesuai dengan warna yang dinginkan, atau diharapkan.
    Bila Anda membutuhkan sebuah tutorial silakan masukkan di kolom komentar. Semoga artikel sederhana ini dapat dijadikan referensi.

    Posted by Teguh De

    1 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......