5 Hal Harus Diperhatian Menulis Artikel

    Sahabat Blogger, kali ini ingin berbagi tentang hal-hal yang pantas mendapat perhatian saat membuat artikel blog - Sebagai blogger, tentunya menulis atau membuat posting telah menjadi sebuah syarat penting guna mempertahankan keberadaan blog di mesin pencari.

    Seorang yang telah terbiasa bercerita dalam bentuk tulisan, membuat sebuah posting di blog, tidaklah sulit, walau pada beberapa hal tidak lantas dapat meningkatkan traffic blog bersangkutan secara langsung.

    Meskipun demikian, seorang penulis yang telah berpengalaman, tidak perlu mengerahkan seluruh fokus konsentrasinya dalam membuat alur cerita postingnya.

    Sahabat blogger yang tidak terbiasa dalam tulis menulis, meramu sebuah ide menjadi sebuah posting yang baik dan menarik, memerlukan perhatian dan fokus yang lebih serius.

    Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya, kesulitan memilih kata sehingga kalimat-kalimat yang tersusun dalam paragraf seperti tidak menggigit, tulisan terasa hambar, kurang penjiwaan.

    WAlaupun itu tidak langsung kemudian mempengaruhi traffic rendah, namun kemampuan kita membuat artikel dengan baik dan menarik, akan membuat pengunjung blog menjadi betah berlama-lama di blog kita?

    Berbicara traffic sebuah blog, kita dapat belajar banyak dari para master blogger. Misalnya kita dapat mencari referensi dan nasehat, serta bahan kajian, misalnya dengan mengetikkan kata kunci cara meningkatkan traffic blog. Ada banyak blogger yang telah membagikan tipsnya buat kita.

    Nah... kita taruh dulu, apa dan bagaimana cara meningkatkan traffic blog. Kita ambil satu hal saja dulu, yaitu cara membuat artikel di blog.

    Bagaimanapun indah dan bagusnya teknik SEO sebuah blog, bila tanpa artikel atau posting, maka blog itu akan miskin pengunjung, sehingga traffic pun tidak mencapai harapan.

    Lanjut tentang menyusun sebuah artikel posting blog, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Hal-hal yang bersifat wajib ini mestinya senantiasa dilatih dan dimahirkan setiap saat, sehingga pada akhirnya kita menjadi terampil dalam menyusun artikel.

    Dalam menulis artikel, kita wajib memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

    Topik Artikel Terkuasai

    Konten atau topik artikel yang kita susun, sebaiknya dipilih tema yang tepat. Salah satu yang dapat dijadikan pertimbangan adalah topik atau tema yang banyak dicari pembaca.

    Meski demikian, pemilihan topik artikel wajib disesuaikan dengan minat, kegemaran, pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki.

    Misalnya, seorang montir, akan tahu banyak tentang servis mesin. Seorang yang paham servis bercerita tentang cara memperbaiki mesin, akan lebih mudah dimengerti pembacanya dibandingkan seorang petani yang pekerjaan kesehariannya memelihara tanaman, misalnya.

    Jadi, pemilihan dan penguasaan topik itu sangat penting.

    Kalimat mudah Dipahami dan Dimengerti

    Setelah topik, atau tema terpilih, maka hal selanjutnya yang perlu mendapat perhatian adalah rangkaian kata yang menyusun kalimat-kalimat pada artikel itupun wajib disusun sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat mudah memahami maksud dari isi artikel.

    Pembaca tidak akan mendapat pemahaman yang stereotip, melainkan pembaca dapat paham dengan gamblang uraian isi artikel. Bila kalimat-kalimat atau isi artikel disusun dengan baik, pembaca tidak akan mendapatkan kesulitan dalam pemahaman, sehingga para pembaca dapat manfaat dari aktivias membacanya. Ini juga penting.

    Pilih besar huruf dan warna yang Serasi

    5 hal wajib dalam menulis artikel blog
    Menulis Artikel Blog

    Sebuah artikel blog yang menggunakan huruf kapital seluruhnya dan warna yang terang benderang, akan menyolok mata, membuat pembaca tidak nyaman, dan kemungkinan besar akan lekas-lekas meninggalkan blog kita.

    Begitu pula, bila artikel menggunakan font/huruf yang terlalu kecil akan menyulitkan para pembaca. Pembaca kesulitan mengenali huruf dalam artikel karena terlalu kecil.

    Karena alasan itulah, wajib bagi kita mempertimbangkan besar huruf serta warna font yang digunakan.

    Pilihlah bentuk font yang familiar, mudah dibaca, nyaman dimata para pembaca, sehingga pengunjung merasa nyaman saat membaca artikel dan benar-benar menikmati keindahan membaca.

    Pergunakanlah Bahasa yang Tepat

    Bahasa menunjukkan bangsa.

    Arti pribahasa itu kurang lebih adalah: "bahasa yang digunakan dapat menjadi ciri dari seseorang atau suatu bangsa".

    Bahasa Indonesia digunakan oleh bangsa Indonesia, Bahasa jawa menjadi ciri individu yang menggunakan budaya jawa. Bagitu pula dalam menulis artikel blog. Bahasa yang digunakan wajib disesuaikan dengan topik yang dipilih.

    Penggunaan kata-kata ilmiah misalnya disesuaikan, dan ganti dengan bahasa yang umum dikenal. Misalnya istilah teknik overhoul -"benar tidak penulisinnya?"- lebih baik diganti dengan "turun mesin" sesuai dengan kelompok sasaran. Atau digunakan kedua-duanya. Istilah tekniknya dipakai dan diikuti dengan istilah umumnya, sehingga para pembaca dapat memahami maksud teknis dengan istilah yang sudah dikenalnya.

    Contoh lain, misalnya pemilihan bahasa "gaul" sebaiknya tidak dipergunakan pada artikel yang sifatnya teknis maupun konteks formal, mungkin bisa digunakan pada artikel yang ringan atau besifat humor, dengan demikian, "jiwa" artikel tetap terjaga.

    Pergunakan tanda baca yang tepat

    Hal penting yang wajib diperhatikan dalam membuat artikel blog, adalah penggunaan tanda baca.

    Penggunaan tanda titik (.) dan koma (,) dapat memberikan irama yang indah dalam paragrap tulisan. Pertimbangkan untuk memenggal kalimat yang terlalu panjang, menjadi beberapa kalimat pendek, atau pergunakan tanda koma (,) dalam kalimat yang panjang.

    Bila mencantumkan kutipan, sebaiknya gunakan tanda kutip (".......") dengan tepat sebagai wujud disiplin dan tanggung jawab kepada sumber kutipan. Penggunaan tanda tanya pun perlu ditegaskan dari sebuah kalimat tanya, sehingga para pembaca dapat benar-benar paham, maksud dari kalimat yang disusun.

    Nah... itulah 5 hal harus diperhatian saat membuat artikel blog.
    Semoga blog sobat makin baik yang berujung pada peningkatan traffice yang pesat.
    Salam blogger.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......