3 Jalur Pendidikan: Formal Informal Nonformal

    Pendidikan mempunyai makna yang luas. Untuk memberi batasan mengenai pendidikan ini, para ahli mengkategorikan pendidikan ini menjadi 3. Ketiga kategori itu dibahas pada paparan berikut ini yaitu pendidikan formal, pendidikan informal, dan pendidikan nonformal.

    Pendidikan Formal

    Pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah yang lahir dan berkembang secara efektif dan efisien dari dan oleh serta untuk masyarakat, merupakan perangkat yang berkewajiban memberikan pelayanan kepada generasi muda dalam mendidik warga negara.Pendidikan formal, adalah pendidikan yang didapat atau diselenggarakan di lembaga-lembaga sekolah. Sekolah Dasar sampai Perguruan tinggi merupakan jalur pendidikan formal.

    Pendidikan Informal

    Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. Contohnya pendidikan agama, budi pekerti, etika, sopan santun, moral dan sosialisasi.
    Pendidikan ini diselenggarakan oleh keluarga, yang merupakan tahapan pertama yang dilalui seorang anak dalam mengarungi pendidikan contohnya seperti pengenalan tentang tuhan, pengenalan yang baik dan mana yang tidak baik, serta lingkungan.

    Pendidikan Nonformal

    Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.


    Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Kursus-kurus di luar lembaga sekolah formal, misalnya kursus montir, kursus bahasa asing, dll dikategorikan sebagai pendidikan informal.
    Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

    Demikian  uraian dari 3 jalur pendidikan: formal, informal dan nonformal yang merupakan ramuan dari kutipan dan disarikan dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......