Cara Menggunakan Formula Sum, Average, Max, Min pada Tabel

    Cara Menggunakan formula sum, average, max, min pada tabel di Microsoft Office Word pada postingan kita kali ini kita mencoba menjabarkan tentang cara menggunakan formula yang ada di Microsoft Office Word yaitu Sum, Average, Max dan Min. Formula ini digunakan untuk menghitung nilai dari masing-masing formula sebuah tabel di Microsoft Office Word®.

    Artikel atau posting ini sangat bertalian dengan artikel lain yaitu menjumlahkan Data Tabel word.

    Pada Microsoft Word ada feature formula, terdiri dari beberapa formula penghitungan. Namun pada pembahasan ini dibatasi hanya pada formula SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN.

    Berikut penjelasannya

    Formula SUM

    Sum adalah operasi penjumlahan. Data tabel yang dapat dijumlahkan adalah kolom ke atas (above), dan penjumlah mendatar (row) baik ke arah kiri (LEFT) dan ke arah kanan (RIGHT). Yang perlu diperhatikan adalah dalam penulisan angka-angka tersebut. Bila ribuan pemisah antara angka ribuan dengan ratusan itu dipisah dengan tanda koma (,) bukan titik (.)

    Disamping itu pula perlu diketahui, formula ini tidak dapat bekerja apabila ada bagian kolom yang kosong. Jadi semua kolom harus diisi data. Bila nilai data tersebut adalah kosong, isi saja dengan nilai 0.
    Caranya:

    Taruh kursos / mouse di cell dimana nilai jumlah itu akan ditempatkan kemudian klik Layout | Formula . Secara otomatis akan muncul formula =SUM(ABOVE). Tinggal Klik OK. Bila ingin menjumlah data yang berada di sebelah kiri maka formulanya menjadi =SUM(LEFT), DAN =SUM(RIGHT) bila akan menjumlah data yang berada di sebalah kanan kursor.
    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Menggunakan Formula Sum
    Menggunakan formula sum
    Menggunakan formula Sum
    Formula Sum Above

    Ilustrasi menjumlah pada lajur yang berbeda

    Formula AVERAGE

    Sebagai salah satu formula dalam sum, average, max, min pada pembahasan kita kali ini, merupakan fungsi yang dipergunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kolom yang dikehendaki. Ini sangat membantu bila kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari suatu data tabel atau sel dalam table di microsoft word.

    Caranya:

    Letakkan kursor pada cell dimana rata-rata itu akan ditempatkan. Klik : Layout | Formula .

    Pada kolom paste funtion Pilih (klik) average sedemikian sehingga pada kolom formula berupa menjadi everage().
    Isikan tanda = di depan kata everage, dan di dalam kurung ketikkan ABOVE, LEFT, RIGHT, . Pilih sesuai tujuannya. Misalnya =AVERAGE(LEFT) untuk mencari rata-rata dari data tabel yang berada di sebelah kiri kursor|mouse. Kemudian klik OK.
    Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!

    Menggunakan formula Average
    Formula Everage (Rata-rata)

    Menggunakan Formula Average

    Formula MAX

    Formula max pada tabel di word atau operasi fungsi Max di Word 2007, merupakan formula yang dipergunakan untuk mencari nilai tertinggi dari baris atau data tabel yang dikehendaki. Jadi kita tidak perlu mencari-cari dengan mata angka atau data yang mana paling tinggi (besar). Max yang artinya tertinggi dipergunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari suatu lajur data tabel atau kolom tabel.
    Caranya: Klik Layout | Formula, kemudian pada kolom Paste Function pilih (klik) MAX.
    Kemudian ubahlah formulanya sehingga menjadi =MAX(). Dalam tanda kurung isikan LEFT, RIGHT, ABOVE sesuai dengan tujuan.
    Perhatikan gambar ilustrasi berikut!


    Formula MAX di word

    Contoh Penerapan Formula Max pada Lajur Berbeda

    Formula MIN

    Min atau minus atau minimum yang mempunyai makna terendah, merupakan formula pada tabel di word yang dipergunakan untuk menentukan angka terkecil dari sebuah deret data.
    Bagaimana caranya menggunakan formula min?
    Langkahnya identik dengan cara menentukan nilai tertinggi MAX seperti yang telah diuraikan di atas. Perhatikan langkah menentukan Max di atas.

    Yang membedakan adalah bila pada formula Max kita menggunakan formula =MAX(LEFT) (tanpa tanda petik), maka pada MIN kita menggunakan formula =MIN(LEFT), (tanpa tanda petik). Catatan LEFT yang di dalam kurung bisa diganti dengan RIGHT atau ABOVE sesuai kebutuhan. Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!

    Formula Min
    Formula MIN di Word

    Dari uraian di atas, dapat ditarik beberapa kesimpulan dalam cara menggunakan formula sum, average, max dan min di Microsoft Word® adalah bahwa penulisan formula adalah =FUNCTION(direction). Dimana funtion itu adalah sum, average, max, min, dan direction itu merupakan arah lajur data yang dikenai operasi function, yaitu left, right, above.

    Nah... itu sharing kita kali ini tentang cara menggunakan formula sum, average, max, min pada tabel di Word
    Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.
    Salam.

    Posted by Teguh De

    2 komentar:

    1. saya menghitung nilai min dari beberapa kolom diantaranya 80,70,90,75,85,kemudian saya buat rumus =min(left) trus hasilnya menjadi 0.mohon solusinya ...sebelumnya rumus max, average, dan sum sangat membantu thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin Format Penulisannya diperhatikan lagi Sdr. Agus Sinaga. Berdasarkan pengalaman, semua huruf dalam rumus adalah kapital (HURUF BESAR), seperti contoh =MIN(LEFT), atau bentu7k rumus yang lain.
        Semoga terbatu, dan terima kasih telah berbagi.

        Hapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......