Sebelum Mulai Bekerja di Microsoft Word Anda Wajib Siapkan 3 hal ini

    Bekerja di Microsoft word® sangatlah penting bahkan dalam kemajuan zaman dewasa ini. Kemampuan untuk dapat bekerja di microsoft word® atau pada aplikasi office yang lain, sangat dibutuhkan. Disamping sangat menunjang pada pekerjaan, bahkan dapat dijadikan sebagai lahan atau ladang mencari nafkah, dengan membuka layanan jasa mengetik misalnya. Konsumennya sangat banyak, mulai dari siswa SMP sampai para kuliahan, banyak yang membutuhkan jasa pengetikan.

    Gambar Lembar kerja word
    Lembar Kerja Microsoft Word

    Jasa pengetikan dewasa ini masih cukup menjanjikan, karena secara umum dibutuhkan dokumen-dokumen baik dalam bentuk tulisan, gambar ataupun grafik.

    Bila hendak mengerjakan sendiri dokumen Anda, berikut diberikan beberapa saran untuk memulai menyiapkan dokumen-dokumen atau tugas-tugas kampus atau sekolah Anda.

    Membuka microsoft word

    Double click shortcut yang ada di desktop Anda, atau klik icon Microsoft Word di taksbar untuk membuka microsoft word di komputer atau laptop anda. Lebih lanjut baca di sini. Siapkan lembar kerja.

    Bekerja dengan microsoft word membutuhkan sebuah bidang kerja. Mempersiapkan lembar kerja maksudnya adalah menentukan atau memilih ukuran dokumen yang dibutuhkan. Misalnya dokumen ukuran kertas A4 atau F4, bukan legal? Atau ukuran lain sesuai kebutuhan Anda.


    Bekerja dengan Microsoft Word

    Mengenal margin

    Membuat dokumen, sangat disarankan untuk mengatur lay out utamanya margin dari lembar kerja. Sebelum memulai mengerjakan dokumen word, penentuan margin sangatlah penting. Ada beberapa ukuran margin yang dapat dipilih. Apakah margin 3333 atau 4433 atau 4333 dan lain sebagainya. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan.

    Selain margin, posisi lembar kerja perlu ditentukan. Apakah Lay out Landscape / horisontal atau potrait / tegak lurus? Pergilah ke pengaturan Pagelayout untuk lebih lengkapnya.

    Jenis font.

    Font di komputer kita,- sudah terinstal bermacam-macam jenis. Ada font type serif, san serif dan lain-lain. Nah... Silakan tentukan terlebih dahulu type font apa yang akan dipergunakan dalam dokumen lembar kerja. Apakah arial, atau Times New Romans? Sesuaikan pula dengan syarat yang ditentukan. Misalnya untuk penulisan skripsi ada aturan jenis font times new romans (TNR).

    Bila hal tersebut di atas sudah ditentukan dan dipersiapkan, maka mulailah mengerjakan bagian-bagian dari dokumen Anda. Atur indentasi atau jorokan paragraf sesuai kebutuhan anda. Sisipkan juga tabel ataupun gambar untuk kelengkapan dokumen Anda

    Menyimpan File

    Bila, dokumen sudah selesai anda kerjakan bagian tiap bagian, lakukan penyimpanan pada hardish. Ingatlah di folder mana Anda menyimpannya. Dan ingat pula, apa nama file dokumen yang anda simpan. Ini penting, karena ketika kita lupa naruh di folder mana, kita bisa mencarinya lewat menu search di folder option.

    Bila Anda akan mencetak dokumen, perhatikan beberapa hal yang perlu dicermati, utamanya ukuran kertas yang dibutuhkan. Dan bila anda akan mencetak dokumen dalam jumlah lembar yang banyak, perhatikan kemampuan printer anda dan cek sekali-sekali keadaan tinta dari printer Anda.

    Jika, Anda tidak memiliki printer, anda bisa mencetaknya di jasa percetakan. Simpanlah file tersebut ke dalam flasdish ataupun di burn ke keping CD/DVD. Bisa juga disimpan ke Handphone anda.

    Demikian, hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengerjakan dokumen Anda.

    Semoga bermanfaat.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......