Download Software Pembuka File XPS

    Membuka file XPS atau software untuk membaca format file xps, merupakan artikel singkat berbagi pengalaman saja. Bagi teman yang punya pengalaman yang sama. Harapannya, semoga Artikel ini dapat bermanfaat

    Suatu ketika ada teman yang bawa flasdish yang minta diprint beberapa file. Awalnya mikirnya santai saja, karena kerjaan ngeprint itu sudah biasa, dan akan sangat mudah bila printer lagi nyaman diajak kerja. ...... Tanpa diduga ternyata file yang mau dicetak adalah file dalam format .XPS. Nah lho... jadi bingung apa yang yang harus dilakukan. Dicoba buka pake MsWord ternyata tidak bisa, notepad juga tidak. diubah ekstensin .xps menjadi .doc atau docx ternyata tidak mempengaruhi. Jadi, sempat menghadap mbah gogle untuk kasus yang satu ini. Hehehehe.

    Tampilan Menu xpsviewer

    Membuka file xps itu membutuhkan software khusus untuk itu. Namanya xpsviewer. Cara menggunakan software ini sangat sederhana. Utamanya di windows, klik file open. Cari file atau folder tempat penyimpanan file kemudian OK. Gampang sekali. Yang sulit sebenarnya adalah mendapatkan software xpsviewer ini. Ingin memilikinya juga? Silakan download:

    Layoutnya sederhana dan tidak ribet. Pengoperasiannya sangat mirip dengan MsWord, ini semacam plug in Office. Perhatikan tampilan antar muka xpsviewer di bawah. Cukup sederhana, bukan?

    Update Juli 2021

    Pengguna Office mulai 2010, sepertinya sudah tidak susah lagi membuak file XPS, karena sudah terinstal sebagai bawaan windows. Pada windows 10 Office 2013, xpsviewer tergabung dalam fiture windows acecories. Masuklah ke menu All Program / All Apps (windows 10), sorot clik folder windows accecories | xpsviwer, ada pada baris paling akhir.

    Nah semoga tulisan sederhana ini dapat membantu.

    Posted by Teguh De

    2 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......