Mengatur Ukuran Kertas folio F4 di Microsoft Word

    Menseting kertas folio F4 di Ms Word 2007 kali ini adalah membuat lembar kerja dengan ukuran kertas folio F4. Masih banyak orang yang belum paham dengan kertas folio F4, dikiranya sama dengan ukuran kertas legal sebagaimana secara default termuat dalam menu drop down di Word®.

    Gambar Membuat Ukuran kertas F4
    Cara menseting kertas Legal ke Folio F4 di Word

    Ukuran kertas folio F4 dengan legal adalah berbeda. Kalau F4 mempunyai ukuran dimensi kurang lebih 21 x 33 cm, sementara legal mempunyai ukuran 21,59 x 35,56 cm. Jadi ada selisih 3 cm-an dari dimensi panjang kertas. Karena hal itu, banyak orang yang masih bingung saat mencetak atau ngprint ada bagian teks atau tulisan serta gambar terpotong pada bagian tepi bawah lembar kerjanya, atau paling tidak marginnya tidak seperti yang diharapkan.

    Untuk mengatasi bagian teks yang terpotong tersebut, dapat dilakukan dengan menambah ukuran margin bottom lembar kerja sebanyak 3 cm, sehingga pada bagian bawah lembar kerja mempunyai tepi sisa yang lebih lebar. Atau dapat juga dengan mensetting kertas lembar kerja ke format custom, yaitu 21 cm x 33 cm.

    Anda dapat juga menambahkan format ukuran kertas di komputer dengan mudah. Bacalah artikel: Cara menambah ukuran kertas F4 di Komputer.

    Berikut adalah cara membuat ukuran Kertas Folio F4 di Microsoft Office Word®.

    1. Buka Microsoft Office Word Anda dengan mengklik icon di desktop atau seperti biasanya anda mengaktifkan program ini.
    2. Klik Page layout | Margin | custom Margin. (perhatikan gambar di atas)
    3. Setelah itu akan muncul Page Setup Dialog.
    4. Klik Paper, kemudian ubah ukuran panjang dan lebar kertas sesuai ukuran kertas folio F4 yaitu 21 x 33 cm,
      Terakhir klik OK

      Membuat Ukuran kertas F4: 21 x 33 cm

    Mungkin saja Anda perlu tahu, bagaimana cara membuat ukuran unitnya menjadi Cm di page setup seperti gambar di atas. Itu ada caranya. Caranya adalah dengan mengubah ukuran unit satuannya. Masih dalam Page Setup Dialog : klik secara berurutan Print option | Advanced | Display . Pada kolom Show measurements in unit of ke Cm. Lebih lengkap lagi, silakan simak artikel Cara Mengubah Ukuran Inch ke Cm.

    Nah itulah langkah cara menseting kertas folio F4 di Microsoft Word. Mudah bukan? Memang tidak ada sesuatu yang sulit bila mau memperdalam dan mengasah kemampuan lebih advand lagi.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......