Menambah baris dalam 1 Shell (MsExl)

    Pernahkah mengalami kendala saat bekerja di spreedsheet (MsExcel), ketika kita mengetikkan karakteri di dalam satu sel? Seperti contoh pada gambar di bawah. Ketika mengetik karakter seperti biasa, tulisan akan melewati satu atau beberapa sel yang lain. Apabila kalimat yang diketik panjang, akan membingungkan kita, karena tidak jelas ujung pangkalnya.

    Cara Menambar Baris dalam Sherll Exell

    Dalam bahasa lain, bagaimana cara menyisipkan baris tulisan pada sebuah sel di MsExcel? Terkadang kita perlu mengetikkan kalimat yang cukup panjang dalam satu sel sementara lebar sel yang kita buat terbatas. Terbatas di sini, karena kita mengerjakan banyak kolom, sementara kita dibatasi oleh ukuran kertas yang ada.

    Nah, untuk mengatasi hal itu ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

    1. Buatlah tabel, dan tentukan jumlah kolomnya yang kita inginkan. Tentukan lebar kolom dengan menggeser lebar selnya. Kemudian beri nama tiap kolom (sel) tadi.
    2. Mulailah mengetik sampai kira-kira karakter terakhir menyentuh ujung kanan garis kolom.
    3. Nah, ini yang terpenting, pencetlah "alt + enter" secara bersama sama untuk menambahkan baris dalam sel yang sedang aktif. (perhatikan gambar di atas!). Maka secara otomatis atas bertambah bidang ketik, tepat di bawah tulisan yang kita ketik tadi. Cara ini sangat efektif digunakan dari pada menulis lanjutan kalimat itu  pada sel lain di bawahnya.

    Disamping dengan cara yang telah dipaparkan di atas, kita juga bisa melakukannya "Bar Home"dengan mengaktifkan icon di formating bar dan klik "icon wrap text". Perhatikan gambar di bawah ini!

    Ilustrasi Menu Text-Wrap Exell

    Sebelumnya, aktifkan sel atau taruh cursor mouse di sel yang akan kita format. Kemudian klik Home dan icon Wrap text seperti gambar di atas.

    Ok Selamat mencoba.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......