Cara mudah Instal Font di Windows

    Cara Instal Font atau menambah huruf di komputer Windows® merupakan tutorial untuk memperkaya style huruf atau fonts di komputer yang berbasis windows.

    Cara ini merupakan cara sederhana memperkaya atau menambah variasi style fonts di komputer. Tutorial ini ditujukan bagi pemula, namun tidak menutup kemungkinan pula bagi para master, paling tidak artikel ini dapat dijadikan rujukan bagi rekan-rekan pemula yang lain sebagai bentuk komunikasi atau sumber informasi sebagai referensi.

    Fonts atau huruf merupakan karakter-karakter tertentu yang mewakili Alpabeth atau abjad. Ada banyak sekali jenis fonts atau huruf yang sudah dikenal, namun terkadang jenis fonts tertentu belum terinstal atau dalam bahasa sederhananya tidak ada di komputer kita.

    Bila demikian kejadiannya, maka kita perlu menambah fonts lagi di komputer atau menginstal fonts untuk memperkaya jenis fonts yang ada. Pada dasarnya semua aplikasi atau program khususnya program office, mempunyai font default masing-masing. Walaupun demikian Font Default khususnya di Microsoft Office Word® dapat diubah.

    Cara Instal Pic.
    Instal font | huruf

    Bila Anda belum mampu untuk menginstal fonts atau menambah fonts di komputer, maka lanjutkanlah membaca artikel ini sampai tuntas. Niscaya, Anda akan mampu menambah atau menginstal fonts yang Anda butuhkan.

    Secara garis besar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    1. Langkah Pertama.
    2. Klik start | kontrol panel | Appearance and Theme
      Menambah Font | Huruf di Word
      Gambar letak fonts

      Perhatikan di pojok kanan atas dari kotak dialog. Di sana ada folder (kotak berwarna "kuning") dengan nama fonts. Klik folder font tadi dan akan terbuka kotak dialog. Setelah muncul dialog seperti gambar di bawah ini klik File | Instal New Font(yang dilingkari merah).

      Menginstal Huruf | Font di Word dan Komputer
      Cara instal Fonts
    3. Langkah Kedua.
    4. Perhatikan gambar di bawah!
      Langkah Instal Font
      Dialog pada gambar di atas mengarahkan kita untuk memilih Drive (angka 1) atau letak di mana file fonts yang akan ditambahkan atau diinstal itu diletakkan. Misalnya bila file fonts itu letakknya di flasdish maka pada kolom drives,  pilihlah nama drive dari flashdish tersebut. Begitu pula, sesuaikan bila menggunakan tipe penyimpanan data yang lain seperti CD atau hardish external, maupun hardish komputer itu sendiri.
      Angka 2 pada gambar di atas, merupakan memilih folder font yang disimpan di flasdih ataupun CD maupun hardish baik eksternal maupun internal.
      Perlu digaris bawahi, bahwa "Pada umumnya media penyimpanan seperti flasdish maupun hardish,  tersimpan banyak file. File-file itu disimpan baik berkelompok berupa folder, maupun secara sendiri-sendiri atau file biasa. Pada tahap ini memilih folder dimaksud adalah memilih folder dari font yang akan diinstal"
    5. Langkah Ketiga.
    6. Setelah mengklik "OK" seperti gambar di atas, maka akan tampil dialog "Add Fonts" seperti ilustrasi gambar di bawah. Yang perlu mendapat perhatian adalah:
      • Bila ingin menginstal hanya fonts tertentu, maka temukan jenis fonts itu pada kolom "List of fonts". Bila sudah ditemukan, klik fonts bersangkutan kemudian klik OK sebagai langkah eksekusi.
      • Bila hendak menginstal semua fonts yang ada di kolom "List of fonts", maka perlu mengklik "Select All" terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya dengan tombol "OK"

    NB: Berilah checklist (tanda centang) pada bagian  "Copy fonts to Fonts folder" agar fonts yang diinstal, secara otomatis akan ditempatkan dalam satu lokasi dengan fonts bawaan komputer yaitu di fonts folder

    Pilih fonts yang akan diinstal
    Pilih satu atau select All

    Langkah berikutnya tinggal mengklik "OK" bila muncul komunikasi atau menu pop up hingga fonts selesai diinstal.

    Demikianlah tutorial Langkah Instal Fonts di Windows atau Langkah menambah huruf di windows, atau Cara memperkaya huruf di microsoft office word atau Cara menambah fonts di komputer. Semoga artikel ini dapat membantu.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......