Mengatur Alignment Paragraf dengan HTML di Posting Blog

    Lebih lanjut dari seri belajar bahasa HTML, kali ini merupakan hasil mengejar informasi dari membaca tutorial offline dan online, berupa Cara Mengatur Aligment atau dalam bahasa umum perataanParagraf dengan HTML di Posting atau artikel Blog. Perlu ditekankan kembali, bahwa artikel ini semata-mata ingin berbagi. Namun..... dengan senang hati bila para pembaca berkenan mengoreksi lebih lanjut.

    Berbicara aligment (perataan paragraf) dibedakan dalam 4 model, yaitu rata kiri (left), rata kanan (right), rata tengah (center) dan rata kiri dan kanan (justify). Dalam microsoft word, perataan paragraf ini dapat dibaca lebih lanjut di Cara Mengatur Perataan Paragraf di Word

    Seperti disinggung di atas, perataan paragraf dapat dibedakan dalam empat model, yaitu:

    1. Paragraf rata kiri
    2. Paragraf rata kanan
    3. Paragraf rata tengah
    4. Paragraf rata kiri dan kanan (justify)

    Paragraf Rata Kiri

    Paragraf rata kiri adalah pragraf yang mempunyai perataan dari kalimat-kalimat isi paragraf berada di bagian kiri paragraf bersangkutan. Yang dalam penulisan artikel blog dalam format html , syntaknya dapat dibuat <p align="left">Tulis isi paragrafnya di sini</p>. <p> dan </p> merupakan tag untuk penulisan paragraf, kemudian disisipkan atribute align left. Align merupakan atribut alignment untuk paragraf, dimana left maksudnya adalah kiri.

    Paragraf Rata Kanan

    Paragraf rata kanan adalah pragraf yang mempunyai perataan dari kalimat-kalimat isi paragraf berada di bagian kanan paragraf bersangkutan. Yang dalam penulisan artikel blog dalam format html, syntaknya dapat dibuat <p align="right">Tulis isi paragrafnya di sini</p>. <p> dan </p> merupakan tag untuk penulisan paragraf, kemudian disisipkan atribute align dan right adalah value untuk kanan.

    Paragraf Rata Tengah

    Paragraf rata Tengah adalah pragraf yang mempunyai perataan dari kalimat-kalimat isi paragraf berada di bagian tengah paragraf bersangkutan. Yang dalam penulisan artikel blog dalam format html, syntaknya dapat dibuat <p align="right">Tulis isi paragrafnya di sini</p>. <p> dan </p> merupakan tag untuk penulisan paragraf, kemudian disisipkan atribute align dan value center untuk tengah.

    Paragraf Rata Kiri-Kanan

    Paragraf rata Kiri-Kanan adalah pragraf yang mempunyai perataan dari kalimat-kalimat isi paragraf berada di bagian kiri dan kanan dari paragraf bersangkutan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Paragraf rata kiri-Kanan merupakan perpaduan atau penggabungan model dari paragraf yang mempunyai perataan di kiri dengan paragraf yang mempunyai perataan di kanan. Kedua model tersebaut digabungkan menjadi sebuah paragraf yang mempunyai perataan paragraf di bagian kiri dan kanan paragraf bersangkutan. Dalam format HTML, dalam penulisan artikel blog, syntaknya dapat dibuat <p align="justify">Tulis isi paragrafnya di sini</p>. <p> dan </p> merupakan tag untuk penulisan paragraf, kemudian disisipkan atribute align dan value justify untuk mendapat perataan kiri-kanan.

    Demikian, hasil berkelana dan browse yang disharing kali ini. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan referensi bagi Anda dalam membuat perataan paragraf-paragraf dalam posting di Blog Anda. Pada kesempatan lain akan dibagikan hasil browsing dengan topik yang masih berhubunagan dengan penulisan artikel blog dengan format HTML

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......