Cara Membuat Spasi Kalimat dalam Posting Blog

    Para pembaca tulisan blog kita, menginginkan tulisan yang berbobot, dan tampilan artikel yang menarik. Saya rasa, sebuah artikel dikategorikan menarik, bukan saja dari isi artikel itu sendiri, tetapi juga dari tampilan lahiriah artikelnya. Tampilan lahiriah yang dimaksud itu, seperti pemakaian besar font/huruf, jarak antara huruf atau kata, serta spasi antar kalimat pembangun paragraf-paragraf artikel itu sendiri.

    Dalam artikel Cara Membuat Spasi Kalimat dalam posting blog ini akan diuraikan cara membuat jarak spasi antar kalimat secara sederhana. Cara sederhana di sini maksudnya dapat diterapkan oleh para blogger pemula, atau bagi mereka yang mempunyai keterbatasan kemampuan dalam mengedit tamplate blog-nya. Sehingga, tidak susah-susah mengobrak-abrik tamplate yang bila keliru akan membuat blog jadi error tidak bisa dibaca oleh mesin perambah. Bila tidak dapat dibaca mesin penelusur, maka artikel yang kita buat, tidak bisa dibaca oleh mereka yang membutuhkan.

    Walaupun demikian, karena kesederhanaannya, cara atau metode ini mempunyai kelemahan. Kelemahan yang paling besar adalah kita harus mensetting setiap paragraf. Jadi, setiap paragraf yang kita buat dalam artikel kita, harus di setting sendiri-sendiri. Satu yang memudahkan bahwa kode atau syntak paragraf tersebut, dapat dicopy paste, jadi kelemahan di atas daat di atasi dengan baik.

    gambar CSS

    Nah..... setting paragraf ini berupa penambahan code inline css. CSS merupakan sebuah bahasa pemrograman yang disandingkan dengan HTML. Silakan Baca CSS lebih lanjut!. CSS inline adalah code css yang diselipkan dalam HTML dengan syntax <style="property:value;">. Sebagai contoh, paragraf yang sedang Anda baca menggunakan syntak html yang dikombinasikan dengan css yaitu: <p style="text-align:justify; text-indent:2.8em; line-height:1.75em;">.
    Penjelasan:

    • text-align untuk mensetting perataan paragraf. Justify untuk paragraf rata kiri dan kanan; Baca selengkapnya
    • text-indent untuk memberikan jorokan ke dalam pada baris pertama paragraf. Besarnya 2,8 em;
    • line-height untuk mengatur jarak antar baris kalimat atau spasi antar kalimat, ukuran yang dipakai adalah 1.75 em.

    Jarak antar kalimat atau spasi antar kalimat dalam artikel posting blog, memungkinkan bagi pembaca artikel kita lebih nyaman membacanya, sehingga kemungkinan mereka akan betah membaca artikel-artikel yang lainnya.
    Demikian artikel cara membuat spasi kalimat dalam posting blog ini diuraikan secara sederhana. Bagi para master program, tentu tulisan ini adalah permulaan yang ringan. Mohon saran bila ada kekeliruan.
    Terima kasih.

    UPDATE

    Cara membuat paragraf pada posting atau artikel blog sebagaimana diuraikan di atas, dapat lebih disederhanakan lagi dengan menggunakan syntax style yang diletakkan pada bagian atas penulisan posting dalam format html.Adapun syntaknya dapat ditulis sebagai berikut.
    <style>
    p{
    text-align:justify;
    text-indent:2.8em;
    line-height:1.75em;
    }
    </style>

    Kemudian pada setiap paragraf, kita hanya perlu mengawalinya dengan tag <p> dan menutupnya dengan tag </p>.
    Demikian update kali ini.
    Semoga dapat bermanfaat

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......