Cara membuat Garis Ganda Tebal dan Tipis dengan Benar di Word

    Cara membuat garis ganda tebal dan tipis, sebagaimana judul artikel ini adalah membuat garis double atau ganda seperti yang dipergunakan pada pembuatan kop surat. Baik surat dinas maupun nondinas, di bawah kop lembaga sering digunakan garis ganda yang satu tebal dan satu lagi agak kurus atau tipis. Feature ini dulu tersedia dalam microsoft 2003, namun di word 2007 feature ini dihilangkan.Jadi, kalau mau membuat garis ganda pada kop surat itu diperlukan langkah teknis sederhana.

    Bagaimana Caranya?
    1. Buatlah shape dalam bentuk garis
    2. Ini adalah langkah pertama, begitu Anda telah membuka program microsoft word 2007 Anda. Cara membuat garis di word, langkah atau caranya sama persis dengan membuat shape segitiga, maupun lingkaran. Bila Anda belum mampu, mampukan diri Anda sebelum lanjut ke langkah berikutnya, dengan membaca tutorial saya yang lain yaitu Cara Membuat bentuk segita,segi empat dan lingkaran. Bila Anda sudah mampu, lanjut ke langkah berikut.
    3. Copy paste
    4. Ada cara mudah mengcopy bentuk shape dengan tekan geser mouse. Cara ini lebih mudah dari pada menggunakan teknik copy paste biasa. Nah... berhubungan dengan mengcopy bentuk, saya ada tutorial khusus tentang ini. Saya yakin, setelah membaca artikel cara mengcopy bentuk shape ini, langkah kedua ini sangat-sangat mudah. Bila sudah paham, kemudian lanjut ke langkah 3.
    5. Ubah weight garis
    6. Langkah ketiga adalah mengubah ukuran- dalam bahasa word- weight, salah satu garis yang dibuat tadi. Bagaimana caranya? Perhatikan dengan teliti gambar ilustrasi dari dialog menu Format, berikut ini!
    Membuat Garis Ganda Tebal Tipis
    • Klik gambar pensil di Menu
    • Sorot Klik weight
    • Pilih weight (besar) garis yang dinginkan
    • Atur posisi atau jarak antar kedua garis tadi dengan panah atas atau bawah dari keyboard Anda.

    Nah... Demikian cara membuat garis ganda tebal dan tipis yang benar di Word. Cara yang mudah bukan? Bagaimana pendapat Anda? Apakah dapat membantu Anda dalam membuat garis tebal tipis ganda di Word? Silakan tuangkan testimoni Anda di kolom komentar.

    Posted by Teguh De

    2 komentar:

    1. gan,, cara yg agan sampaiin manual donk.. sy jg pusing cari cara supaya fungsi style di form auto formatshapes bisa berfungsi.. padahal kalo pake shape selain garis lurus itu bisa kok berfungsi stylenya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar Gan. Pendekatan atau cara ini masih berupa trik yang terlepas atau tidak dapat mengubah secara default atau menambah style dari garis yang telah disediakan secara otomatis oleh office 2007, yang mana di 2003 feature ini dapat dengan mudah dibuat. Hehehehe, selamat browsing-browsing lagi Gan. Semoga nemu cara yang termudah. Terima kasih telah meninggalkan jejak di blog sederhana ini.

        Hapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......