Bokeh Dengan Metode Masking di Photoshop

    Ketemu lagi dalam tutorial Photoshop. Bahasan kita kali ini, mengedit foto agar tampak seperti bokeh. Mengaburkan latar belakang foto atau mengedit bakcground foto menjadi blur. Dengan teknik masking kali ini kita dapat mengedit foto tampak bokeh.

    Teknik masking adalah teknik yang saat diterapkan satu atau lebih layer berperilaku seperti topeng. Cobalah untuk mengutak-atik feature photoshop ini guna mengetahui fungsinya dan manfaatnya lebih banyak lagi. Teknik masking itu sendiri sudah pernah kita dibahas pada tutorial 5 Langkah Edit Foto dengan Teknik Masking.

    Gambar Bokeh masking

    Mungkin Anda Perlu : Mengubah Warna Latar Belakang Foto

    Mari kita kembali ke Mengaburkan Latar Belakang Foto dengan Masking.

      Adapun langkah-langkah untuk mengaburkan latar belakang atau membuat blur latar belakang adalah sebagai berikut
    1. Buka foto di photoshop.
    2. Buat background layer menjadi layer baru dengan menekan "Ctrl + J", Oya, ada beberapa cara mengcopy layer selain Ctrl + J ini. Silakan baca lebih lanjut tentang4 cara mudah mengcopy layer di phoshop
    3. Aktifkan layer yang dibuat terakhir dengan meng-kliknya di layer pallet.
    4. Setelah itu, bergerak ke Menu Bar : Filter >> Blur (Gaussian Blur). Atur radius sedemikian sehingga diperoleh blur yang diinginkan dengan mengetikkan angka di kolomnya, bisa juga dengan menggerakkan ke kiri atau kanan slider bar yang ada di bagian bawahnya. Eksekusi OK untuk menerapkan blur seperti yang dinginkan.
    5. Kembali ke Menu Bar : Layer >> Layer Mask  >> Hide All. Setelah langkah ini maka di sebelah kanan layer baru yang diblur tadi akan tampak kotak berwarna hitam, dan tampilan layer di dokumen lembar kerja tampak fokus (tidak blur)
    6. Klik huruf D di keyboard, kemudian huruf B (aktifkan brush tool), usapkan brush pada bagian latar dari foto yang diedit. Atur opacity dan flow dari brush tool 100% atau sesuaikan dengan kepentingan. Lakukan sampai mendapat hasil yang diinginkan. (Eksperimen: Pencetlah huruf X untuk melakukan yang sebaliknya).

    Nah. itulah langkah-langkah untuk membuat atau menjadikan latar belakang foto kabur. Mengaburkan latar belakang foto dengan teknik masking ini dapat diaplikasikan atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pengaturan opacity dan flow pada teknik ini akan memberi pengalaman yang lebih banyak.
    Selamat mencoba.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......