Mengenal Arah Mata Angin di Bali

    Arah mata angin yang pokok adalah utara selatan timur dan barat, atau kalau dalam bahasa Inggris north east south west. Bagaimana kalau di bali?

    Sebelumnya, baca kutipan di bawah yang dicukil dari wikipedia

    Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Pusat mata angin terdapat 8 arah dengan urutan berikut (mengikuti arah jarum jam): utara ... timur laut ... timur ... tenggara ... selatan ... barat daya... barat ... barat laut.
    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mata_angin

    Arah mata angin dalam bahasa Bali akan dijabarkan dalam artikel sederhana ini. Harapannya, bagi yang ingin tahu dan masih bingung tentang pedoman arah dalam bahasa tutur dan tulis di bali mendapatkan referensi yang memadai tentang hal tersebut.

    Arah Mata Angin di Bali
    Mengenal Arah Mata Angin diBali
    Sumber:https://pixabay.com

    Sebagaimana dalam bahasa Indoensia maupun english, di Bali juga mengenal arah. Untuk menautkan dan memberikan deskripsi yang singkat dan jelas, berikut akan sajikan dalam bentuk tabel

    EnglishIndonesiaBali
    North utara kaja/daja/uttara
    east timur kangin/dangin/purwa
    south selatan kelod/delod/daksina
    west barat kauh/dauh/pascima
    north east Timur laut kaja kangin / daja dangin / airsanya
    south east tenggara kelod kangin / delod dangin / Ghenya
    south west barat daya kelod kauh /delod dauh / Nariti
    north west barat laut kaja kauh/daja dauh / wayabeya

    Melihat dari tabel di atas, "model" arah mata angin dalam bahasa inggris dan bahasa bali mempunyai kemiripan. Kemiripan yang didapat adalah kedua bahasa tersebut menggunakan poros utara dan selatan sebagai patokan arah, disamping barat dan timur tentunya. Sebagaimana ditunjukkan pada tabel, arah timur laut bahasa english disebut north east (utara timur), dan dalam bahasa Bali disebut kaja kangin.

    Namun, dalam bahasa tutur, di Bali mengalami beberapa perubahan seperti daja/kaja menjadi dajan/kajan yang mempunyai makna di sebelah utara. Begitu pula dengan Delodan artinya di sebelah selatan, Danginan maksudnya di sebelah timur, kauhan maksudnya di sebalah barat.

    Contoh penggunaannya dalam bahasa bali dapat disimak dalam Satua Bali I Siap Selem.

    Demikian, semoga penulisan yang pendek dan sederhana ini dapat dijadikan referensi.

    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......