Cara Termudah Membuat Jorokan Paragraf

    Ada 2 model cara membuat alenia baru pada dokumen khususnya karya tulis . Yaitu, yang pertama model penulisan paragraf lurus atau rata, dan yang kedua model penulisan paragraf dengan menjorokkan ke dalam pada baris pertama dari paragraf bersangkutan, atau disebut Indentasi

    Penulisan paragraf model rata, itu lebih mudah dilakukan. Tinggal melakukan perataan paragraf justify. Maka secara otomatis paragraf-paragraf bersangkutan menjadi rata kiri dan kanannya.

    Model penulisan paragraf dengan jorokan, atau dalam bahasa Microsoft Office Word® disebut indentation.

    Bagaimana cara membuat Jorokan paragraf?

    paling tidak ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah membuat paragraf yang ada jorokannya tersebut.

    Pertama , dengan menggeser First Line Indent pada ruler lembar kerja dengan mouse. Perhatikan gambar berikut!

    Gambar Membuat jorokan paragraf
    Membuat Jorokan pada Paragraf

    Kedua, dengan menggunakan shortcut. Adapun shorcut yang dipergunakan adalah Ctrl + m dan kemudian diteruskan dengan shortchut ctrl + shift + t

    Shortcut Ctrl + m akan menggerakkan indentasi secara bersamaan ke arah dalam (baca : kanan bidang kerja), kemudian Ctrl + shift + t akan menggeser Left indent ke arah kiri.

    Perhatiian gambar di atas!

    Sebuah karya tulis skripsi maupun laporan training, akan tampak rapi (salah satu syarat penulisan laporan) dengan melihat dan memeriksa apakah paragraf-paragraf penyusunnya tertata dengan baik dan konsisten?.

    Berdasarkan pengalaman, dari sekian banyak pemula, sering sekali laporan maupun skripsinya dikoreksi para pembimbing karena ketidakteraturan dalam penulisan paragraf mapun pengkodean atau penomoran halaman dan sub-sub bab penyusun laporan.

    Jadi, keterampilan membuat paragraf secara fisik (bukan isi paragraf/inti pembahasan), sangat membantu dalam pembuatan laporan maupun skripsi.

    Demikian, cara termudah membuat jorokan paragraf, untuk menambah keterampilan dan kepiawaian dalam menyusun laporan maupun skripsi.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......