Perjalanan Penciptaan Microsoft Office Word

    Siapa yang tidak mengenal Microsoft Word di era sekarang? Diyakini hampir semua pengguna komputer baik pc maupun laptop, bahkan smartphone tahu dan mengenal dengan software pengolah kata ini. Namun.... bagaimana dengan sejarah penciptaannya hingga bagaimana awal peluncuran aplikasi besutan microsoft ini mampu merajai dan menjadi unggulan penggunanya?

    Nah... dalam artikel ini, diuraikan bagaimana proses penciptaan microsoft office word, siapa-siapa mereka yang andil dan menjadi tim dalam proses penyusunan software pintar ini. Ok.... mari kita lanjutkan.

    Microsoft Office
    Microsoft Word dalam Sejarah

    Apa Itu Microsoft Word?

    Sebelum masuk lebih jauh, mari kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan microsoft Word?
    Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) – yaitu suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak-. Microsoft Word merupakan software andalan Microsoft.

    Berdasarkan hasil penulisan, diketahui bahwa Microsoft Office Word, pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Pengembangan Multi-Tool Word dimulai semenjak pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981, dan berpasangan dengan Richard Brodie dari PARC, pada 1 Februari 1983. Itulah yang melataribelakangi ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di PARC.

    Versi Microsoft Word

    Setelah diterbitkan pertama kali di tahun 1983, versi-versi dari Microsoft Office Word, kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS ( tahun 1983), Apple Macintosh ( tahun 1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows ( tahun 1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

    Setelah diberi nama baru Microsoft Word® - Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983-, untuk IBM PC, yang ketika itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

    Word memiliki konsep What You See Is What You Get yang disingkat WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan mouse yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. .

    Word pada Operating System Macintosh

    Di samping itu, - Word untuk Macintosh-, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. .

    Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya. .

    Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tetapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. .

    Microsoft Word di Tahun 1990-1995

    Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. .

    Microsoft Office 2003

    Microsoft Office 2003, dirilis pada Oktober 2003, adalah penerus Office XP. Versi Microsoft Office ini berisi Word 2003, Excel 2003, Outlook 2003, PowerPoint 2003, Access 2003, dan Publisher 2003.

    Office 2003 membutuhkan, minimal, prosesor 233MHz. Namun, UIT merekomendasikan prosesor Pentium III, dan prosesor Pentium 4 akan memberikan kinerja optimal menurut Microsoft. Anda harus memiliki RAM minimal 128MB dan harus menggunakan Windows 2000 Service Pack 3 atau lebih tinggi, atau Windows XP. UIT merekomendasikan 400 MB ruang hard drive gratis; jumlah sebenarnya yang dibutuhkan tergantung pada komponen apa yang Anda pilih untuk dipasang.

    Microsoft Office 2007

    Adalah versi Microsoft Office, keluarga suite office dan perangkat lunak produktivitas untuk Windows, dikembangkan dan diterbitkan oleh Microsoft.

    Microsoft Office 2007 dirilis untuk manufaktur pada 3 November 2006, kemudian pada 30 November 2006 tersedia untuk pelanggan yang punya lisense, dan kemudian diluncurkan untuk dijual di pasar umum pada 30 Januari 2007.

    Office 2007 memperkenalkan antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, yang menggunakan pita dan menu Office, bukan bilah menu dan bilah alat. Office 2007 juga memperkenalkan format file Office Open XML sebagai format file default di Excel, PowerPoint, dan Word.

    Format baru ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pembagian informasi antar program, meningkatkan keamanan, mengurangi ukuran dokumen, dan memungkinkan skenario pemulihan baru.

    Office 2007 memerlukan Windows XP dengan Service Pack 2, Windows Server 2003 dengan Service Park 1, atau sistem operasi yang lebih baru; ini adalah versi terakhir Microsoft Office untuk dijalankan pada Windows XP Professional x64 Edition.

    Menurut Forrester Research, per Mei 2010, Microsoft Office 2007 digunakan di 81% perusahaan yang disurvei, yang sampelnya terdiri dari 115 perusahaan Amerika Utara dan Eropa.

    Microsoft Word 2010

    Versi ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3) (Diluncurkan Pada Tahun 2010) .

    Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat program pengolah kata ini menjadi lebih ringan. Beberapa kelebihan dari versi-versi sebelumnya, diantaranya: .

    1. Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
    2. Mendukung Standardisasi format Open Document Format (.odf)
    3. Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
    4. Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
    5. Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
    6. Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
    7. Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.

    Microsoft Word 2013.

    Versi ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows Server 2008 R2 Pada 29 Januari 2013.

    Update terbarunya, seperti:

    1. Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
    2. Penggeseran gambar yang lebih baik
    3. Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
    4. Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.
    5. Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
    6. Ribbon masih sama seperti Office 2010, hanya temanya saja yang berbeda.

    Office 2016

    Microsoft Office 2016 (dengan nama kode Office 16) adalah versi dari suite produktivitas Microsoft Office, berhasil baik Office 2013 dan Office untuk Mac 2011. Ini dirilis pada macOS pada 9 Juli 2015 dan di Microsoft Windows pada 22 September 2015 untuk pelanggan Office 365.

    Dukungan arus utama berakhir pada 13 Oktober 2020, dan dukungan diperpanjang berakhir pada 14 Oktober 2025. Versi lisensi abadi pada macOS dan Windows dirilis pada 22 September 2015. Karena penerusnya Office 2019 hanya akan mendukung Windows 10 atau Windows Server 2016, ini adalah versi terakhir dari Microsoft Office yang kompatibel dengan Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012, dan Windows Server 2012 R2.

    Fitur baru
    Windows

    Fitur-fitur baru dalam rilis Windows termasuk kemampuan untuk membuat, membuka, mengedit, dan menyimpan file di cloud langsung dari desktop, alat pencarian baru untuk perintah yang tersedia di Word, PowerPoint, Excel, Outlook dan Access bernama "Tell Me", lebih banyak opsi "Kirim Sebagai" di Word dan PowerPoint, dan bekerja bersama secara waktu nyata dengan pengguna yang terhubung ke Office Online.

    Fitur lain yang lebih kecil termasuk Wawasan, fitur yang didukung oleh Bing untuk memberikan informasi kontekstual dari web, sidebar Designer di PowerPoint untuk mengoptimalkan tata letak slide, jenis bagan dan templat baru di Excel (seperti treemap, bagan sunburst (juga dikenal sebagai bagan cincin), bagan air terjun, plot kotak dan histogram, serta templat keuangan dan kalender), animasi baru dalam PowerPoint (seperti transisi Morf), kemampuan untuk menyisipkan video online di OneNote, dan fitur pencegahan kehilangan data di Word, Excel , dan PowerPoint.

    Microsoft Office 2016 tidak dapat diinstal bersama dengan aplikasi Microsoft Office 2013, tetapi dapat berdampingan dengan versi Microsoft Office sebelumnya, seperti 2003, 2007, dan 2010. Karena, kebijakan Microsoft mengharuskan semua versi 2013 dihapus, yang akan ditawarkan untuk dilakukan secara otomatis, sebelum versi 2016 dapat diinstal.

    Meskipun tidak mendukung Windows XP lagi, tooltip untuk berbagai item pita (misalnya. Paragraf, Font, Catatan Kaki atau Pengaturan Halaman) masih menampilkan screenshot Office di Windows XP.

    Mac

    Fitur baru dalam rilis Mac termasuk antarmuka pengguna yang diperbarui yang menggunakan pita, dukungan penuh untuk Retina Display, dan fitur berbagi baru untuk dokumen Office.

    Di Word, ada tab Desain baru, fitur Wawasan, yang diberdayakan oleh Bing, dan pengarang bersama waktu nyata. Di Excel, ada fitur Fitur Grafik, dan PivotTable Slicers. Di PowerPoint, ada varian tema, yang menyediakan skema warna berbeda untuk sebuah tema. Di Outlook, ada fitur Usulkan Waktu Baru, kemampuan untuk melihat kalender berdampingan, dan prakiraan cuaca dalam tampilan kalender.

    Sekilas Aplikasi Perkantoran

    Paket perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto.

    Namun, kita harus tidak menutup mata pula terhadap perkembangan dan persaingan untuk perangkat lunak perkantoran ini. Sebagai alternatif misalnya adalah paket OpenDocument. Paket OpenDocument menggunakan format berkas OpenDocument yang bebas yang didefinisikan oleh ISO/IEC 26300. .

    Di antara paket-paket bebas ini yang paling banyak disorot adalah Apache OpenOffice sebuah perangkat lunak open office yang tersedia di Windows, Linux, Macintosh dan platform lainnya. Apache OpenOffice dan Kingsoft Office 2013 memiliki banyak fitur yang serupa dengan yang dimiliki oleh Microsoft Office. .

    Beberapa paket perkantoran lainnya antara lain: .

    1. Kingsoft Office yang kompatibel dengan Microsoft Office, terdiri dari sebuah pengolah kata, lembar kerja dan aplikasi presentasi.
    2. Corel WordPerfect Office.
    3. SSuite Office Software.
    4. iWork, paket perkantoran Apple Macintosh, terdiri dari Pages, sebuah pengolah kata, Keynote untuk presentasi, dan Numbers untuk lembar kerja.
    5. MarinerPak, paket perkantoran Mac, terdiri dari Mariner Calc sebuah lembar kerja, dan Mariner Write, sebuah pengolah kata.
    6. KOffice, sebuah paket perkantoran OpenDocument dan open source yang merupakan bagian dari KDE Desktop Environment.
    7. GNOME Office, paket perkantoran open sources yang terdiri dari Abiword (OpenDocument) dan Gnumeric, bagian dari GNOME desktop environment.
    8. Lotus SmartSuite, disediakan oleh IBM terdiri dari pengolah kata bernama Word Pro, sebuah lembar kerja Lotus 1-2-3, sebuah program presentasi Lotus Freelance Graphics dan sebuah basis data Lotus Approach.
    9. Sauver.Office yang terdiri dari sebuah pengolah kata, lembar kerja, basis data dan presentasi.
    10. SoftMaker Office, sebuah paket perkantoran dari Jerman yang terdiri dari sebuah pengolah kata, lembar kerja dan basis data.
    11. ThinkFree Office, sebuah paket perkantoran berbasis web yang bebas. Paket ini hampir kompatibel sepenuhnya dengan berkas Microsoft Office.
    12. Zoho Office Suite sebuah paket perkantoran berbasis web.
    13. Celframe Office sebuah paket perkantoran yang terdiri dari sebuah pengolah kata, lembar kerja, presentasi, basis data, editor foto, penjelajah web, klien surat elektronik dan editor grafis.

    Demikian, perkembangan Microsoft Office Word. Artikel ini hanya sebagai pengetahuan semata bagi kita pengguna dan pencinta Microsoft Office Word. Artikel-artile yang berhubungan dengan microsoft word dapat dilihat di label Kumpulan artikel Microsoft Office Word di blog ini.

    Sumber: Wikipedia

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......