Tips Bijak Membeli Laptop

    Selamat pagi, siang, sore, malam sahabat Blogger. Kali ini, Sekar pingin sharing nih. Mudah-mudahan sahabat blogger suka. He… he.. he.. Sebuah pertanyaan sering kita dengar, atau bahkan kita sendiri sering mempertanyakan Laptop mana yang bagus, dari sekian banyak brand yang ada? Pernahkah sahabat blogger mempunyai pertanyaan yang sama dengan Sekar? Jawaban atas pertanyaan itulah yang ingin Sekar sharing kali ini. Oya, ini pengalaman pribadi.

    Perkembangan Teknologi Informasi Telekomunikasi (TIK) yang pesat belakangan ini, memicu kebutuhan akan alat TIK menjadi sangat strategis. Bagaimana tidak, kebutuhan akan produk telekomunikasi seperti Hand Phone, laptop, tablet, dll dengan ditunjang dengan provider jaringan seperti layanan internet, menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia dewasa ini. Lihat, semua situs jejaring sosial, twitter, fb, ym, google+, flicker, dll. Berapa jumlah user-nya. ribuan bahkan jutaan orang ikut meramaikan hiruk pikuk perkembangan TIK ini. Stop. Titik. kita tidak sedang sharing tentang jejaring sosial, tetapi tentang memilih laptop.

    Mari kita lanjutkan lagi. Memilih laptop boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampang, karena banyak merk dan dengan harga yang bersaing beredar di pasaran. Dan, memiliki sebuah laptop lebih digampangkan lagi dengan adanya produk jasa sewa beli ataupun lewat jasa kredit. Susahnya, karena dana yang kita miliki terbatas, bahkan pas-pasan, tidak cukup untuk memenuhi keinginan kita. Nah, bagaimana memilih laptop yang gampang dengan dana yang terbatas. Berikut Sekar sharing tips membeli laptop, yang Sekar anggap layak dipertimbangkan.

    1. Kenali kebutuhan kita
    2. Pada tahap ini, kita harus bersabar, mau jurjur pada diri sendiri dan tidak jorjoran memilih laptop. Kenali kebutuhan, maksudnya adalah laptop yang kita beli nantinya kita pergunakan untuk apa. Apa untuk sekedar menyelesaikan dokumen-dokumen tugas kantor/sekolah dengan sedikit intertainment seperti dengar musik mp3 dengan Winamp, bila belum punya download winamp pro di sini. dan keygen/SN di sini Seperti lagu NOAH separuh AKU , atau nonton video? Atau untuk kebutuhan yang lebih berat, misalnya untuk edit video atau gambar yang umumnya menggunakan spec yang lumayan tinggi. Dalam hal ini, kenalilah peruntukan laptop yang akan kita beli. Umumnya semakin tinggi spec yang terpasang pada laptop, harga yang dibandrolpun akan relatif tinggi juga.  Sebagai contoh. Apabila laptop yang kita beli nantinya hanya kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas dokumen dan worksheet, pertimbangkanlah membeli laptop dengan spec yang memadai. Bila memilih dengan spec tinggi, akan mubazir. Seperti perumpamaan, memindahkan batu yang bermassa 1 kg cukup dengan tangan, tanpa menggunakan pesawat seperti menggunakan bulldozer. Gampangnya, kalo hanya untuk mengetik prosesor biasa (pentium) sudah lumayan, dan akan mubazir bila kita memilih spec core5 bahkan core7. Jadi, kenali dulu kebutuhan kita baru memilih spec yang sesuai dengan kebutuhan kita. Lain halnya bila kita membeli laptop hanya untuk mengikuti trend yang lagi hangat. Nah, bila sahabat blogger membeli laptop untuk kebutuhan trend, itu diluar jangkauan isi postingan ini. He he he
    3. Perencanaan Keuangan
    4. Ini penting. Kita membeli sesuatu sesuai kebutuhan kita, tentunya juga harus mempertimbangkan kemampuan dana atau kemampuan keuangan kita. Berapa kita anggarkan uang kita untuk membeli laptop? Pertimbangkan masak-masak. Karena kebutuhan kita, tidak hanya laptop, banyak hal lain yang menuntut untuk dipenuhi juga, seperti kebutuhan pokok pangan dan sandang. Pertimbangkan untuk membeli sesuatu dengan cara cash untuk menekan bunga bila dibeli dengan cara kredit. Bila itu sangat mendesak, pilihlah kredit yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan kita.
    5. Bertanya kepada tetangga
    6. Iya bertanyalah kepada tetangga. Maksudnya, bertanyalah kepada teman, sahabat, ataupun orang-orang di sekitar, yang mempunyai pengetahuan yang memadai tentang laptop. Mintalah pendapatnya tentang spec laptop yang akan dipilih. Katakan pada mereka peruntukannya, penggunaannya. Bila perlu katakan padanya tentang dana yang kita siapkan untuk itu. Mudah-mudahan teman bisa membantu.Bila tidak ada teman, browsing di internet. Cari-cari informasi seputaran laptop yang banyak bertebaran di internet. Lihat di situs-situs diskusi. Ada banyak informasi di sana yang bisa kita saring dan jadikan rujukan untuk memilih laptop. Bila lagi beruntung, ada informasi yang memberikan perbandingan antara laptop yang satu dengan yang lainnya, baik dari merk maupun specnya. Dalam hal ini, jangan buru-buru, bersabar dan tenang. Orang sabar disayang tuhan. Hehehehe. Setelah merasa pas cocok, sesuai dan compatibel dengan kebutuhan kita, putuskan untuk memilih laptop dambaan anda.

    Ok, Sekar rasa cukup segitu sharing kali ini. Moga bermanfaat.
    Tak ada gading yang tak retak, semua pilihan ada resikonya. Ada kelebihan dan ada kekurangannya.
    Terima kasih telah berkunjung.

    Posted by Teguh De

    1 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......