Cara Membuat Tulisan Merah Putih di Photoshop

    Membuat tulisan merah putih di photoshop, merupakan langkah cara membuat tulisan yang setengah bagian huruf-hurufnya berwarna merah dan setengah lagi berwarna putih.

    Membuat tulisan merah putih di photoshop, atau merubah warna tulisan atau huruf menjadi merah putih ini merupakan lanjutan dari tutorial yang berjudul Membuat tulisan teks di photoshop.

    Baca juga : Cara Membuat Name Tag untuk MOS

    Gambar tulisan merah putih
    Merah Putih

    Telah ada berbagai cara teknik membuat tulisan di photoshop. Hasil akhirnya indah-indah semua, penuh variasi dan trik-trik yang belum pernah kita lakukan.

    Walaupun demikian, artikel membuat tulisan merah putih di photoshop ini bertujuan untuk menambah referensi-referensi yang telah bertebaran di internet, di samping menyuguhkan sesuatu yang mungkin baru dari sisi pendekatan dan cara melakukan trik di photoshop khususnya dalam kaitannya membuat tulisan atau teks di photoshop.

    Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang tulisan ini, baiknya kita tengok sebentar Bendera Kebangsaan kita, yaitu merah putih. Nah, tulisan ini, artikel membuat tulisan merah putih ini mencoba mengetengahkan tutorial membuat tulisan seperti bendera kebangsaan, Merah-Putih.

    Gambar tulisan merah putih
    Tulisan merah putih

    Langkah 1

    Sebelum memulai membuat tulisan merah putih, foreground dan background color pada menu tool kita ubah merah pada foreground dan putih pada background. Perhatikan gambar di atas.

    Setelah itu buatlah tulisan yang dikehendaki, misalnya Tulisan Merah Putih seperti gambar di sebelah kiri. Background layer sengaja di buat hitam untuk menimbulkan kontras pada tulisan. Bisa juga dengan tulisan yang lain misalnya bendera merah putih atau yang lainnya, sesuai selera.

    Langkah 2

    Masuk ke langkah berikutnya. Klik kanan layer text yang telah dibuat tadi, sorot klik blending option. Perhatikan gambar berikut!.


    Blending Options Merah Putih

    Beri tanda cek pada kotak kecil di sebelah kanan menu gradient overlay, kemudian klik tulisannya, sehingga muncul menu pada bagian sebelah kanan kolom. Perhatikan bagian yang dilingkari dari gambar di atas.

    • Blend mode dibiarkan normal, 
    • Opacity 100%, 
    • Gradient diatur menjadi warna merah dan putih.
    • Angles diatur angka 90 derajat,
    • Feature-feature yang lain silakan diatur dan dieksplor lebih jauh.

    Bila pengaturan seperti bagaimana tutorial, maka hasil yang didapat kurang lebih seperti gambar di bawah ini.


    Contoh tulisan merah putih

    Demikianlah tutorial sederhana ini. Banyak hal yang bisa dieksplorasi lagi, tidak hanya tulisan, layer-layer yang lainpun bisa diberi sentuhan art dengan mengatur blending options ini.

    Mudah-mudahan tutorial ini dapat dijadikan referensi dan merangsang untuk melakukan eksplorasi lebih jauh lagi.

    Selamat berkreatifitas.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......