Mengganti Warna Background Foto di Photoshop

    Mengubah warna latar belakang foto, atau mengedit warna latar foto, atau mengganti warna latar belakang foto di Adobe photoshop yang dideskripsikan pada tutorial ini merupakan langkah sederhana yang dapat dilakukan ketika akan melakukan perubahan atau edit warna latar belakang foto, khususnya pas foto.

    Artikel ini, ditujukan utamanya bagi para pemula, namun tidak membatasi pula bagi yang sudah mahir dalam olah digital di photoshop. Kiranya menyebarkan atau merekomendasikan atau mereferensikan kepada para pemula lainnya tentang cara mengubah warna latar belakang foto ini sebagai pengayaan.

    Lebih lanjut.
    Tutorial ini memberikan gambaran bagaimana cara mengubah warna latar belakang sebuah foto khususnya pasfoto. Mari ikuti langkah-langkahnya, sebagaimana dipaparkan berikut.

    1. Siapkan foto yang akan diubah warna latar belakangnya di photoshop
    2. Duplicate background layer bersangkutan, kemudian lakukan seleksi dengan Quick Selection Tool atau pencet huruf W di keyboard pada latar belakang foto bersangkutan.
    3. Bila langkah di atas telah dilakukan, klik Hue/Saturasion, dan jangan lupa centang kotak kecil pada bagian colorize. Ini sangat penting.
    4. Hue/Saturation Dialog
    5. Geser Slider Hue ke kanan atau kiri, sampai mendapatkan warna yang dikehendaki.
    6. Pada slider Saturation lakukan perubahan, bila merasa perlu (optional)
    7. Lightness, diatur bila ingin memberikan density atau gelap-terang pada warna.
    8. Kemudian, bila sudah mendapatkan warna yang dikehendaki, tambahkan layer mask, dengan mengklik iconnya pada bagian bawah layer pallete
    9. Aktifkan brush tool, usapkan pada bagian-bagian tertentu dari tepi-tepi seleksi, yang masih terdapat sisa-sisa warna yang belum berubah. Penggunaan brush tool dapat diperdalam lagi dalam artikel Cara membuat foto Bokeh.
    10. Klik OK bila sudah mendapat hasil edit seperti yang diinginkan.
    11. .

    Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, silakan perhatikan video yang disematkan di bawah ini.

    Mengubah Warna Latar Belakang / Background Foto

    Catatan:

    Sebuah cara atau teknik, merupakan sebuah pendekatan dalam memecahkan masalah. Dari tutorial artikel ini, mempunyai kelemahan, antara lain, bahwa: teknik ini dapat dipergunakan secara efektif bila latar belakang foto tersebut adalah warna polos. Maksudnya latar belakang foto bersangkutan bukan obyek atau benda-benda, melainkan hanya warna. Foto yang memiliki warna dimaksud misalnya pas foto.

    Demikian artikel Mengubah Warna Latar Belakang Foto ini. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran kepada Anda. Mari berdiskusi dengan memasukkan komentar.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......