Membuat Bagan Struktur Organisasi

    Kali ini kita membahas tentang cara membuat bagan struktur organisasi. Software atau program yang dipakai dalam tutorial ini adalah Microsoft Office Word.

    Anda kenal Bagan struktur organisasi, bukan? Ada bagan struktur organisasi kelas itu umum bagi para siswa baik SD, SMP, SMA atau mungkin juga perguruan tinggi. Bagan struktur pengurus RT/RW misalnya, atau struktur formatur partai politik peserta pemilu misalnya bagi para wakil/dewan atau yang suka dengan kehidupan perpolitikan.

    Nah.... tutorial ini, bertujuan untuk membantu mereka yang belum mampu membuat bagan struktur organisasi,khususnya bagi mereka yang ingin bekerja di program word. Tutorial ini sangat sederhana, namun walaupun demikian ada beberapa hal yang wajib mendapat perhatian dalam membuat bagan ini.

    Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi
    Contoh Cara membuat Bagan Struktur Organisasi

    Perhatikan langkah-langkah membuat bagan struktur organisasi berikut.

    1. Bukalah program microsoft word Anda
    2. Cara membuat bagan struktur, langkah pertama adalah buat dokumen baru. Lakukan page setup atau pengaturan ukuran kertas. Cara membuat dokumen baru silakan baca disini.
    3. Buatlah text box pertama Anda
    4. Cara yang paling sederhana yang dapat kita pergunakan adalah dengan memanfaatkan feature Textbox. Bila Anda belum mampu membuat text box, saya sarankan untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Textbox 1 dan 2.Saya yakin, pengetahuan Anda akan bertambah dan makin baik setelah membaca kedua tutorial tersebut.
    5. Ketik Jabatan/Nama
    6. Bagan struktur organisasi, hanya membuat tentang jabatan dan nama pemegang jabatan yang menempati posisi bersangkutan. Misal:Ketua, sekretaris, bendahara. Mungkin Juga Dewan pembina. Sesuaikan dengan kebutuhan. Ingat untuk mengatur perataan tulisan, biasanya rata tengah. Pilih juga jenis huruf yang dipergunakan. Buat textbox pertama ini sesuai dengan kebutuhan. Karena dari text-box ini akan dilakukan copy paste.
      Membuat  Bagan Struktur Organisasi
      Contoh Cara membuat Bagan Struktur Organisasi
    7. Buat textbox kedua Anda
    8. Setelah textbox pertama diisi.Misalnya Ketua dengan namanya, maka lanjutkan membuat textbox yang kedua, ketiga dan seterusnya. Dalam membuat textbox selanjutnya, Anda bisa membuat textbox baru atau Anda bisa meng-copy textbox petama Anda. Cara mengcopy textbox, dapat Anda Baca di artikel Cara Mudah Mengcopy textbox.
    9. Hubungkan dengan garis
    10. Setelah semua posisi dibuat, hubungkanlah textbox yang dibuat tadi dengan garis. Hubungkan sesuai dengan garis komando dan juga garis koordinasi. Sesuaikan dengan struktur yang dibuat. Untuk membuat garis datar agar bisa lurus ke kiri maupun ke kanan, dan juga garis tegak atau vertikal agar dapat lurus pada beberapa orang merupakan hal yang sulit. Bila Anda salah satu diantara yang mengalami kesulitan membuat gari lurus, silakan baca pula artikel : Cara Membuat Garis lurus vertikal dan mendatar.

    Warna dari kotak jabatan dapat dibuat variasi, misalnya dari bentuk atau jenis border/garis yang digunakan. Bisa digunakan garis tebal tunggal atau garis ganda tebal tipis.

    Berikut saya tautkan sebuah video tutorial membuat bagan struktur dari youtube. Dengan video ini, harapan saya pemahaman Anda makin sempurna. Silakan amati dengan seksama

    Demikian, tutorial membuat bagan struktur organisasi. Bagan ini bisa dibuatkan garis tepinya. Garis tepi bidang kerja/kertas dalam bahasa Microsoft Word disebut Page Border. Pada Bagan struktur inipun Anda dapat menambah photo dan gambar dari masing-masing pemegang jabatan.

    Semoga terbantu.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......